Tips SEO yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Traffic Website

Apakah website yang dibuat sudah mendapatkan hasil sesuai keinginan? Jika belum, maka masih banyak hal yang harus dibenahi supaya hasilnya lebih maksimal. Untuk hal tersebut bisa menggunakan SEO untuk blogger atau bisnis online. Jumlah pengunjung akan memengaruhi kesuksesan dari website itu sendiri. Jika ingin website didatangi oleh banyak pengunjung, maka website haru bisa tampil di search engine. Apabila website disukai oleh mesin pencari, maka jumlah pengunjung pun akan semakin besar yang datang. Di saat jumlah pengunjung website sudah banyak, maka bisa membuat pengunjung menjadi leads atau konversi. Hampir 91% pengguna internet menggunakan search engine Google untuk melakukan pencarian produk atau layanan. Dimana pengguna internet menggunakan Google sebagai pembanding atau mencari informasi terlebih dahulu.

Baca juga : konveksi kaos di bandung

12 Tips SEO untuk Meningkatkan Traffic Website

Hadirnya SEO memang semakin penting untuk sebuah blog atau website bisnis online. Bukan hal asing jika banyak pebisnis mulai belajar mengenai SEO ini. Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan traffic lebih banyak. Berikut ini ada beberapa tips SEO yang bisa diikuti.

  1. Memasang Plugin SEO Yoast

Cara pertama untuk meningkatkan pengunjung website adalah dengan menata struktur postingan dengan benar terlebih dahulu. Menggunakan plugin Yoast SEO menjadi salah satu caranya dan bisa diunduh secara gratis. Plugin Yoast tidak hanya bisa membantu menambahkan meta description saja. Tetapi juga bisa membantu menata struktur SEO website. Misalnya konfigurasi meta robot, menampilkan preview snippet, konfigurasi RSS, XML, dan lainnya.

  1. Buat External & Internal Linking

Dengan adanya internal linking akan membantu meningkatkan skor SEO website. Anda bisa mencoba meletakkan link halaman lain di website pada konten yang sudah dibuat. Menggunakan cara ini juga akan mengurangi bounce rate dan mempermudah pengunjung melihat halaman lain sesuai yang dicari. Untuk website yang masih tergolong baru dan konten belum banyak. Maka bisa memanfaatkan link ke blog atau website lain untuk mendukung informasi yang ada di website tersebut. Inilah yang disebut dengan external linking. Gunakan blog atau website terpercaya jika ingin memasang link external.

  1. Meningkatkan Kecepatan Website

Bayangkan jika website loading lambat, pastinya akan membuat kesal saat ingin melihat bagian dalam website tersebut bukan? Nah salah satu teknik dalam SEO untuk meningkatkan traffic website adalah meningkatkan kecepatan website. Secara umum, website yang bisa dibuka dalam 3 detik adalah website terbaik. Jika lebih lama membuka satu halaman, hal ini sudah tidak baik dan perlu perbaikan. Loading lambat ini tidak hanya membuat reputasi website menurun. Tetapi juga bisa berpengaruh pada menurunnya konversi. Terdapat beberapa cara yang bisa dipakai untuk meningkatkan kecepatan website ini. Yakni menghapus plugin yang tidak berguna, mengoptimasi data base dan memiliki tema tepat.

  1. Menghindari Broken Link

Konten yang berkualitas selalu diprioritaskan oleh Google. Indikasi website berkualitas adalah terbebas dari broken link. Misalnya saat anda sedang berkunjung ke website untuk mendapatkan informasi, namun malah menemukan halaman Error 404. Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan. Jika hal ini terjadi pada pengunjung website Anda, tentu mereka akan langsung pindah website lain. Error Halaman 404 juga bisa memengaruhi peringkat website di search engine Google.

  1. Memasang Snippet di Website

Memasang Rich Snippet akan membantu website menjadi lebih unik. Tampilan ini bisa berpengaruh pada peningkatan pengunjung yang berkualitas ke website. Hal ini karena pengunjung bisa melihat informasi tambahan mengenai website di halaman pencari. Untuk waktu panjang, tingkat kepercayaan pada website akan semakin meningkat. Selain itu juga akan membuat performa di search engine menjadi semakin meningkat pastinya.

  1. Tulis Konten Berkualitas

Nah untuk tulisan yang di upload ke website pun bukan sembarang tulisan saja. Konten ini harus memenuhi aturan SEO. Tentunya sudah tidak asing dengan slogan, content is king bukan? Saat konten yang dibuat bagus dan menarik. Maka hal ini akan membuat banyak orang berkunjung ke website dan bisa melakukan share ke media social. Google menyukai konten berkualitas dari sebuah website. Semakin berkualitas konten yang diberikan, maka kemungkinan besar mencapai peringkat tertentu di Google bukan tidak mungkin.

  1. Lakukan Optimasi Gambar

Tidak hanya konten tulisan saja yang harus dibuat menarik. Gambar yang dipakai juga perlu dilakukan optimasi. Pastikan bahwa gambar yang dipilih ini memiliki resolusi berkualitas dan jelas. Dengan gambar-gambar yang menarik akan membuat pengunjung website menjadi lebih betah dan bisa ke halaman lain di website tersebut. Namun tetap saja Anda harus berhati-hati jika menggunakan gambar. Jangan sampai gambar yang dipilih membuat berat dan loading lambat pada website. Sebelum upload gambar ada baiknya untuk melakukan resize terlebih dahulu. Kemudian tambahan deskripsi dan alt text.

  1. Menambahkan Video

Selain gambar yang dimasukkan untuk menambah kemudahan pengunjung dalam memahami konten. Anda juga bisa menambahkan video pada konten tersebut. Untuk video yang dimasukkan adalah video menarik. Jadi nantinya pengunjung akan merasa lebih nyaman dan tertarik untuk melihat konten yang lainnya.

  1. Memilih Kata Kunci Tepat

Konten tanpa kata kunci adalah sesuatu hal yang kurang baik. Perlu diketahui bahwa kata kunci atau keyword akan menentukan bagaimana peringkat website di Google. Oleh karena itulah, kata kunci sangat dibutuhkan dan sering disisipkan pada kalimat-kalimat konten. Untuk kata kunci sendiri terdiri dari dua jenis, yakni short tail keyword dan long tail keyword. Biasanya short tail keyword memiliki banyak saingan. Lain hal dengan long tail keyword yang meskipun persaingan tidak ketat namun kita bisa menguasai kata kunci tersebut sesuai dengan bisnis.

  1. Buat Backlink Berkualitas

Menggunakan backlink membantu meningkatkan traffic dan kepercayaan pelanggan. Apabila blog atau website lain banyak merekomendasikan banyak halaman website Anda, maka akan semakin dikenal. Popularitas ini akan dijadikan tolak ukur menampilkan website di halaman pertama. Jika ingin mendapatkan backlink dari website lain, maka harus mempunyai konten baik dan bermanfaat. Di saat sudah memenuhi kriteria, maka besar kemungkinan pemilik website lain menjadi tertarik memasang konten serta backlink menuju website Anda.

  1. Menghindari Duplikat Konten

Dalam hal ini artinya sebuah halaman website mempunyai judul atau meta deskripsi yang sama. Jika terdapat dua konten yang sama maka Google akan menjadi kesulitan untuk menentukan indeks halaman. Duplikat konten ini juga bisa terjadi pada dua website yang mempunyai isi konten sama. Oleh sebab itulah sangat direkomendasikan untuk tidak melakukan copy paste dari website atau blog dimana pun itu. Hal ini akan membuat peringkat website menjadi turun dan membuat pengunjung bosan.

  1. Gunakan SSL

Jangan sampai website yang sudah susah-susah dibuat dan dioptimasi sedemikian rupa dibobol oleh orang tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari hal tersebut bisa memasang SSL/HTTPS pada website. Penggunaan SSL ini tidak hanya membuat keamanan menjadi lebih terjamin. Tetapi juga bisa disukai oleh Google. Search engine lebih banyak mengutamakan website dengan SSL supaya bisa tampil di halaman pertama.

Chat dengan kami melalui WhatsApp